Ahad 16 Jun 2013 01:43 WIB

Ahmadinejad Ucapkan Selamat Pada Rowhani

Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad
Foto: Reuters/Murdani Usman
Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad

REPUBLIKA.CO.ID, -- Ucapan selamat terus berdatangan pada Hasan Rowhani yang berhasil memenangi pemilihan presiden Iran ke-11. Salah satunya datang dari presiden Iran, Mahmoud Ahmadinejad.

Dalam pesannya, Ahmadinejad mengucapkan selamat pada Pemimpin Revolusi Islam Ayatollah Seyyed Ali Khamenei, bangsa Iran serta Rowhani selaku presiden terpilih.

"Saya selalu percaya pada kapasitas yang dimiliki Iran untuk mencapai mengembangkan dan mencapai kebesaran," kata Ahmadinejad, dikutip dari Press TV, Ahad (16/6).

"Saya percaya bahwa keberhasilan dapat dicapai dengan percaya dan yakin pada bangsa Iran dan dengan menghormati perbedaan yang ada," sebut Ahmadinejad.

Hasan Rowhani berhasil memenangkan Pilpres Iran dengan pendapatan suara sebanyak 18.613.329 dari 36.704.156. Ia berhasil mendapatkan 50,70 persen suara, menurut pernyataan Menteri Dalam Negeri Iran, Mostaga Muhammad Najjar, dalam pernyataan persnya, Sabtu (15/6) waktu setempat.

Dr Hasan Rowhani lahir pada tahun 1948 di kota Sorkheh di Provinsi Semnan. Dia berasal dari keluarga lama yang dikenal karena berjuang melawan kekuasaan rezim Shah.

Rowhani berpartisipasi dalam mengorganisir tentara Iran, ia terpilih menjadi anggota di Dewan Syura selama lima periode antara tahun 1980 sanpai 2000 dan merupakan Ketua Dewan selama 16 tahun 1989-2005.

Rowhani adalah penasehat Presiden Hashemi Rafsanjani dan Mohammad Khatami. Pada tahun 2003, ia adalah wakil Iran untuk negosiasi dengan pihak Eropa mengenai file nuklir Iran.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement