Jumat 02 Aug 2013 11:06 WIB

AS Akan Akhiri Serangan Drone ke Pakistan

Rep: Nur Aini/ Red: Citra Listya Rini
Drone, pesawat tak berawak
Foto: guardian
Drone, pesawat tak berawak

REPUBLIKA.CO.ID, ISLAMABAD -- Menteri Luar Negeri (Menlu) Amerika Serikat (AS), John Kerry mengatakan serangan pesawat tanpa awak AS di Pakistan akan segera diakhiri. 

Ini merupakan kali pertama pemerintahan AS mengindikasikan secara definitif untuk mengakhiri program yang menurut CIA efektif untuk melawan senjata terorisme. 

Serangan drone sering memecah hubungan Islamabad dan Washington. Pakistan menilai serangan itu merupakan pelanggaran kedaulatan dan hukum internasional. 

Kerry mengumumkan rencana AS tersebut dalam kunjungannya di Islamabad, Kamis (1/8) waktu setempat. Dia mengatakan Washington ingin menghidupkan kembali dialog strategis dengan Pakistan untuk pertama kalinya sejak krisis 2011. 

"Saya pikir program ini akan berakhir karena kita telah menghilangkan sebagian besar ancaman dan terus menghilangkannya," kata Kerry seperti dikutip Arabnews, Jumat (2/8). 

Dia menambahkan, Presiden AS, Barack Obama telah memiliki jadwal untuk menghentikan program serangan drone ke Pakistan. "Kami berharap itu bisa sangat, sangat cepat," ujarnya. 

Juru bicara Departemen Luar Negeri, Jen Psaki mengatakan jumlah serangan pesawat tak berawak telah menurun karena penarikan pasukan Amerika dari Afghanistan dan kemajuan dalam membatasi ancaman Alqaidah. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement