Selasa 03 Sep 2013 14:04 WIB

Pengungsi Suriah Terbesar di Dunia

Rep: Nur Aini/ Red: A.Syalaby Ichsan
Pengungsi Suriah di Desa Al Marj, Lembah Bekaa, Lebanon.
Foto: EPA/Lucie Parsaghian
Pengungsi Suriah di Desa Al Marj, Lembah Bekaa, Lebanon.

REPUBLIKA.CO.ID, DAMASKUS -- Persatuan Bangsa-Bangsa melaporkan, terdapat dua juta warga Suriah menjadi pengungsi. Sebelumnya, satu juta orang sudah mengungsi selama enam bulan terakhir.

Sekitar 700 ribu orang mengungsi ke Lebanon. Saat ini, warga Suriah menjadi pengungsi terbesar di dunia. Dengan kondisi itu, Prancisi dan AS masih terus mendukung intervensi militer karena penggunaan senjata kimia yang diduga dilakukan pasukan Suriah. Politisi AS akan mencari dukungan kongres untuk melakukan serangan.

"Suriah membuat wanita, anak-anak dan orang-orang yang melintasi perbatasan seringkali hanya dengan sedikit pakaian di punggung mereka," ujar pernyataan badan pengungsian PBB, UNHCR, dikutip BBC, Selasa (3/9).

Sekitar setengah dari pengungsi adalah anak-anak. PBB mengatakan anak-anak itu tiga perempatnya berusia di bawah 11 tahun. hanya 118 ribu pengungsi anak-anak yang bisa meneruskan pendidikan, dan seperlimanya menerima konseling.

Badan PBB memperingatkan hilangnya generasi Suriah. Lebanon menerima jumlah pengungsi tertinggi. Saat ini, diperkirakan ada satu pengungsi Suriah di setiap enam warga Lebanon. Yordania dan Turki menjadi tempat kedua dan ketiga terbesar bagi pengungsi Suriah.

UNHCR mengatakan, lebih dari 97 persen pengungsi Suriah bertempat di negara tetangga. Hal itu dinilai akan menimbulkan permasalahan pada infrastruktur, ekonomi, dan sosial di masa depan. Mereka pun meminta dukungan besar dari komunitas internasional untuk menyelesaikan krisis. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement