Selasa 10 Sep 2013 09:34 WIB

Empat Pelaku Pemerkosaan di India Tunggu Putusan Pengadilan

Rep: Nur Aini/ Red: Fernan Rahadi
Pemerkosaan di India.
Foto: smh.com.au
Pemerkosaan di India.

REPUBLIKA.CO.ID, DELHI -- Sebuah pengadilan di ibu kota India, Delhi akan memberikan putusan dalam persidangan empat pria yang didakwa terlibat dalam kasus pemerkosaan geng terhadap seorang mahasiswi Desember lalu.

Wanita 23 tahun diserang secara brutal di bus yang tengah bergerak. Dia meninggal dua pekan kemudian. Kematiannya memicu protes nasional. Kasus tersebut juga membuat perdebatan nasional tentang perlakuan terhadap wanita. Keempat laki-laki yang menyangkal tuduhan termasuk pemerkosaan dan pembunuhan, terancam hukuman mati jika terbukti bersalah menyerang mahasiswi tersebut.

Akhir bulan lalu, seorang remaja dinyatakan bersalah karena terlibat dalam pemerkosaan di Delhi. Dia mendapat hukuman tiga tahun, hukuman maksimal karena kejahatan dilakukan saat dia berusia 17 tahun. Dia juga membantah semua tuduhan.

Dalam laporan BBC, Senin (9/9) terduga pelaku kelima, Ram Singh, ditemukan tewas dalam sel penjara pada Maret lalu. Otoritas Penjara meyakini dia gantung diri, tapi keluarganya menduga dia dibunuh.

Hakim telah melakukan persidangan sejak Februari lalu. Lebih dari 100 saksi dihadirkan dalam sidang tersebut. Keempat pria yang menunggu pengadilan berusia 19-35 tahun akan menghadapi hukum baru. Korban bersama teman laki-lakinya ketika serangan terjadi di dalam bus. Tersangka menyerang keduanya dan memperkosa wanitanya. Dia meninggal di rumah sakit Singapura pada 29 Desember karena luka dalam yang dideritanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement