Kamis 09 Jan 2014 00:07 WIB

Tiga Pencitraan Murah Meriah Raja Yordania dan Keluarganya

Media Sosial
Media Sosial

REPUBLIKA.CO.ID, AMMAN -- Menjadi seorang Raja bukanlah merupakan pekerjaan yang mudah. Apalagi jabatan itu harus diemban seumur hidup seiring dengan naik turunnya emosi dan opini publik. Seorang Raja membutuhkan pencitraan agar terus dicintai rakyatnya.

Di bulan Desember lalu, atau menjelang akhir tahun, ada tiga pencitraan Raja Yordania, Abdulllah II yang disoroti media.

Pertama adalah tindakan Raja Abdullah yang turun ke jalan membantu warga biasa yang mobilnya terjebak di salju.

Sikap Raja ini diabadikan dan dipublikasikan oleh Alarabiya, Time (15/12) dan lain-lain dan diupload di Youtube.

Kedua, selain menggunakan media itu, Keluarga Raja Yordania juga mempunyai laman Facebook yang sering dikomentari oleh media-media lokal.

Salah satu foto yang dikomentari media adalah foto keluarga kerajaan makan bersama di restoran biasa.

Dalam foto itu ditunjukkan sang raja dan keluarganya yang merupakan orang biasa yang memakan makanan orang biasa. (Baca: Jordanian royal family have informal lunch at Amman restaurant)

 

Ketiga, melalui akun Twitter, Facebook dan Instagram, Ratu Rania juga sering memposting foto-foto warganya yang cukup representatif.

Salah satunya adalah foto seorang ulama bersalaman dengan pendeta berdekatan dengan hari Natal tahun lalu.

Dalam keterangan foto itu, Ratu Rania menuliskan. "Inilah Yordania, dan Insyallah, beginilah seterusnya." (Baca: Photo of Muslim cleric, priest Christmas wishes goes viral)

 

Tanpa melalui kampanye atau 'serangan udara' pihak kerajaan ini berhasil melakukan pencitraan dengan gratis. Kuncinya, hanya punya akun di media sosial.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement