Senin 20 Jan 2014 02:49 WIB

Netanyahu Kecam Penangguhan Pameran Soal Hubungan Yahudi-Israel

Benjamin Netanyahu
Foto: bbc.co.uk
Benjamin Netanyahu

REPUBLIKA.CO.ID, YERUSALEM -- Perdana Menteri (PM) Israel Benjamin Netanyahu mengecam keputusan badan kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNESCO) yang menunda pameran bertema hubungan yang terjalin antara warga Yahudi dan Israel selama 3.500 tahun.

UNESCO pada Jumat (17/1) menyatakan pihaknya menunda penyelenggaraan pameran tersebut setelah menerima surat dari Kelompok Arab. Kelompok tersebut menyatakan kekhawatiran mereka bahwa pameran bisa berdampak negatif terhadap proses perdamaian serta perundingan yang sedang berjalan di Timur Tengah.

Namun, Netanyahu membantah pameran itu akan merusak perundingan dengan Palestina, yang telah dimulai pada bulan Juli tahun lalu namun tidak memperlihatkan kemajuan banyak.

"(Pameran) itu tidak akan merusak negosiasi. Negosiasi didasarkan pada fakta-fakta, kebenaran, yang tidak pernah bersifat merusak," kata Netanyahu kepada para menteri di awal sidang kabinet mingguan, Ahad (19/1).

Netanyahu membalas dengan mengatakan apa yang telah merusak pembicaraan justru adalah langkah-langkah yang dilakukan Eropa dengan memanggil duta-duta besarnya menyangkut pengumuman pembangunan permukiman baru-baru ini.

Pada Kamis (16/1), duta-duta besar Israel di London, Roma, Paris dan Madrid dipanggil oleh pemerintah masing-masing negara untuk memberikan penjelasan. Langkah itu dianggap Netanyahu sebagai tindakan yang hiprokit.

"Pendekatan yang berat sebelah terhadap Israel tidak memajukan perdamaian --justru kian menjauhkan perdamaian," kata Netanyahu.

Pameran bertajuk "Hubungan 3.500 Tahun Warga Yahudi dengan Tanah Suci," itu sebelumnya dijadwalkan dibuka hari Selasa (21/1) di markas besar UNESCO di Paris.

Hubungan Israel dengan UNESCO telah mencapai titik sangat rendah sejak Oktober 2011, yaitu ketika Palestina diterima sebagai anggota penuh badan PBB itu.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement