Sabtu 07 Jun 2014 06:19 WIB

Mirip Presiden Cina, Penjual Roti Ini Kebanjiran Pembeli

Tukang roti Shao Jinhua (kiri) dan Presiden Cina Xi Jinping (kanan).
Foto: scmp.com
Tukang roti Shao Jinhua (kiri) dan Presiden Cina Xi Jinping (kanan).

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING -- Presiden Cina Xi Jinping kemungkinan menginginkan masyarakat mengenalnya karena kebijakannya. Tetapi hubungannya dengan makanan tidak lepas sejak dia mulai berkuasa di tahun 2012.

Shao Jianhua, seorang penjual roti daging dengan acar sayur di Provinsi Hunan, mungkin bisa dibilang menikmati hubungan tersebut. Karena wajahnya yang mirip Presiden Xi, toko roti miliknya menjadi ramai dikunjungi pembeli.

Roti daging yang dijual di toko milik Shao merupakan makanan khas provinsi Zhejiang di daerah pesisir pantai, yang merupakan tempat asalnya. Shao membuka toko rotinya di dekat asrama universitas kota Changsha.

Agaknya bukan hanya makanan yang diincar para pembeli, karena banyak yang ingin berfoto dengannya karena kemiripannya dengan pemimpin negara Komunis itu. Menurut media sosial thedaqi.com, foto-foto ini menjadi populer di dunia maya Cina.

 

Namun Shao menegaskan orang datang karena rotinya, bukan wajahnya. "Saya membuat 1.600 roti setiap hari, kalau sedang ramai," katanya seperti dilansir BBC, Jumat (6/6).

Pendapat Shao ini mendapat dukungan media, termasuk dari situs panduan makanan Cina dianping.com yang setuju bahwa para pembeli memang menganggap roti daging buatan Shao enak.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement