Ahad 08 Jun 2014 04:21 WIB

Presiden Afrika Selatan Dirawat Di Rumah Sakit

Red: M Akbar
Jacob Zuma
Foto: Reuters
Jacob Zuma

REPUBLIKA.CO.ID, JOHANNESBURG -- Presiden Afrika Selatan, Jacob Zuma, dilaporkan telah dilarikan ke rumah sakit untuk menjalani tes kesehatan. Kondisi kesehatannya menurun setelah ia menjalani rangkaian pemilu yang telah membawanya bertahta untuk kali kedua.

"Para dokter puas dengan kondisinya," demikian keterangan yang dilansir dari kantor kepresidenan Afrika Selatan.

Meski sempat sudah membaik namun sejauh ini belum ada konfirmasi resmi terkait penyakit yang membuat Zuma harus dilakukan ke rumah sakit. Dalam laporan tersebut hanya tertulis "disarankan untuk beristirahat setelah tuntutan pemilu dan program transisi untuk pemerintahan baru."

Dua pekan lalu, Zuma, 72 tahun, dilantik untuk masa jabatan kedua setelah Partai Kongres Nasional Afrika (ANC) memenangkan pemilu 7 Mei dengan dukungan suara sebesar 62 persen.

Beberapa hari sebelumnya, 59 orang ditangkap setelah protes pascapemilu di kota Johannesburg berubah menjadi kekerasan Jumat malam, kata seorang Juru Bicara Polisi, Brigadir Neville Malila, Sabtu (7/6).

''Polisi menggunakan peluru karet dan granat kejut untuk membubarkan para pemrotes di daerah Alexandra yang miskin, yang telah membakar ban dan membuat barikade jalan, kata Neville Malila kepada Reuters.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement