Jumat 19 Sep 2014 04:54 WIB

Akibat Terlibat Perkelahian, Sebelas Calon Hakim di India Resmi Diberhentikan

Rep: C91/ Red: Julkifli Marbun
India
Foto: [ist]
India

REPUBLIKA.CO.ID, LUCKNOW -- Akibat dituduh terlibat perkelahian dan bersikap seksis atau membedakan seseorang berdasarkan jenis kelamin, sebelas calon hakim di India Utara diberhentikan. Kabarnya, pada 8 September, mereka mendatangi rumah makan di Lucknow, Uttar Pradesh, tepatnya hari terakhir masa pelatihan mereka.

Diduga mereka terlalu banyak minum alkohol, lalu mengejek salah satu rekan wanitanya dan mulai berkelahi sehingga merusak tempat itu. Dewan pemeriksa mengamati rekaman video keamanan, mengidentifikasi pihak yang terlibat, serta mengusulkan pemberhentian mereka.

Dilansir BBC, Jumat, (19/9), para calon hakim berasal dari Institut Penelitian dan Pelatihan Peradilan di Lucknow. Sebelumnya, dalam beberapa tahun ini memang telah muncul sejumlah berita tentang pelecehan terhadap wanita di India.

Pada Desember 2012, seorang mahasiswa diperkosa oleh sekelompok pria di sebuah bus di ibu kota Delhi di depan teman prianya. Korban kemudian meninggal dunia karena cedera yang dideritanya walau sempat dibawa ke rumah sakit di Singapura.

Kasus itu kemudian memicu unjuk rasa besar di India. Masyarakat meminta agar pemerintah mengesahkan undang-undang yang lebih keras dalam menangani kekerasan seksual.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement