Ahad 21 Sep 2014 06:19 WIB

Rusia Tertarik Pasar Eropa, Jika...

Dmitry Medvedev
Foto: AP/Alexander Zemlianichenko
Dmitry Medvedev

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW -- Perdana Menteri Rusia Dmitry Medvedev menyatakan negaranya tertarik dalam mengembangkan hubungan dengan Uni Eropa. Hanya saja jika mitra Uni Eropa memilih untuk tidak mengusir Rusia dari pasar mereka

"Kami menghargai mitra Eropa kami, kami ingin mengembangkan hubungan dengan Eropa. Volume perdagangan kita dengan Eropa berjumlah lebih dari 400 miliar, kami memberikan antara 130 dan 140 miliar meter kubik gas ke Eropa dan memasok sekitar 200 miliar ton minyak, yang berarti bahwa ini adalah pasar yang sangat penting bagi kami," kata dia dalam wawancara dengan saluran Russia-24 Sabtu.

Medvedev menekankan bahwa Rusia 'berpaling' ke Asia bukan karena sanksi Eropa. Akan tetapi terkait dengan pertumbuhan ekonomi yang pesat di kawasan Asia-Pasifik. Uni Eropa telah memberlakukan beberapa sanksi terhadap Rusia atas dugaan keterlibatannya dalam krisis Ukraina.

Presiden Rusia Vladimir Putin sebelumnya menyatakan bahwa menggunakan sanksi sebagai instrumen kebijakan luar negeri tidak efektif dan tidak pernah memberikan hasil apapun. Dia menambahkan bahwa sanksi selalu menyebabkan kerusakan tertentu, termasuk bagi mereka yang menggunakan tindakan ini.

sumber : Antara/RIA Novosti-OANA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement