Senin 06 Oct 2014 16:03 WIB

Ini Daftar 11 Orang Terkaya AS Berusia di Bawah 40 Tahun (1)

Rep: Gita Amanda/ Red: Ichsan Emerald Alamsyah
Facebook CEO Mark Zuckerberg sits for audience questions in an onstage interview for the Atlantic Magazine in Washington, September 18, 2013.
Foto: Reuters/Jonathan Ernst
Facebook CEO Mark Zuckerberg sits for audience questions in an onstage interview for the Atlantic Magazine in Washington, September 18, 2013.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON DC -- Setiap tahun, Majalah Forbes 'mencari' miliader-miliader Amerika untuk dimasukkan ke dalam daftar eksklusif 400 Orang Terkaya versinya. Tahun ini Forbes 'menemukan' 11 orang pemuda beruntung, yang turut mewarnai daftar panjang orang terkaya di negeri adidaya tersebut.

Mereka berada dalam kondisi kesehatan yang lebih baik, kepala penuh rambut dan kemungkinan bertahun-tahun lebih lama untuk menghabiskan kekayaan mereka. Tahun ini 11 miliuner Amerika tercatat berada di usia di bawa 40 tahun.

Anggota termuda yang ditemukan Forbes merupakan salah satu pendiri Facebook yakni, Dunstin Moskovitz. Di usianya yang baru 30 tahun, Moskovitz telah memiliki kekayaan 8,1 miliar dolar. Setelah meninggalkan Facebook pada 2008, Moskovitz memulai perusahaan perangkat lunak Asana.

Moskovitz hanya delapan hari lebih muda dari rekan sekamarnya, Mark Zuckerberg. CEO Facebook ini menempati urutan kedua orang termuda paling kaya, dengan kekayaan 34 miliar dolar.

Jumlah kekayaannya membuat Zuckerberg menempati urutan pertama terkaya di bawah usia 40 tahun. Kekayaannya meningkat 19 miliar dari tahun lalu, yang membuatnya menjadi peraih dolar terbesar tahun ini.

Di urutan ketiga, ada pendatang baru Elizabeth Holmes dengan kekayaan 9 miliar dolar. Holmes yang tahun ini juga berusia 30 tahun tapi lahir pada bulan Februari, bergabung dalam daftar berkat perusahaan pengujian darah Theranos.

Holmes juga mendirikan perusahaan Palo Alto, sebuah perusahaan dana simpanan untuk pendidikan. Perusahaannya ini dilaporkan meningkatkan kekayaannya lebih dari 400 juta dolar.

Dua pendatang baru lainnya yang gagal masuk adalah penemu WhatsApp, Jan Koum dan pendiri Uber Travis Kalanick. Koum yang berusia 38 tahun memiliki kekayaan 7,6 miliar dolar. Sementara Kalanick, berkat perusahaan gabungannya, berhasil mengumpulkan kekayaan hingga 3 miliar dolar.

Tak mengherankan jika Silicon Valley, daerah tempat banyak perusahaan yang bergerak dalam bidang komputer dan semikonduktor, didominasi oleh miliader-miliader muda. Mulai dari Pendiri Napster dan mantan CEO Facebook Sean Parker (34 tahun), Pendiri Twitter dan CEO Square Jack Dorsey (37 tahun), hingga pengusahan jaringan nirkabel dan pemilik Memphis Grizzlies Robert Pera (36 tahun).

Selain itu ada pula, pembuat kamera GoPro Nick Woodman. Ia memiliki kekayaan senilai 3,9 miliar dolar. Dalam hal persentase, Woodman merupakan pemenang terbesar tahun ini. Ia mengalami peningkatan kekayaan hingga 200 persen, dalam hal kekayaan bersih sejak tahun lalu. Kini kekayaan Woodman mencapai 3,9 miliar dolar.

GoPro baru meluncur ke pasaran pada Juni. Saham perusahaan tersebut melonjak akibat banyaknya orang yang memberli kamera GoPro. Mereka menempelkannya ke helm sepeda, papan selancar, peralatan selam dan banyak lagi lainnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement