Senin 24 Nov 2014 12:18 WIB

Video Heboh: Azan Berkumandang dari Gereja-Gereja di Swiss

Salah satu gereja Katolik di Jerman
Foto: hood.edu
Salah satu gereja Katolik di Jerman

REPUBLIKA.CO.ID, ZURICH – Beredar sebuah video yang menayangkan adzan berkumandang dari sejumlah gereja di Switzerland. Video ini menggambarkan bagaimana masyarakat Switzerland terkejut dengan azan yang berkumandang dari rumah ibadah Kristen di sana.

Video ini dibuat oleh seorang warga Switzerland, Johannes Gees, pada 2007 lalu. Pada mukadimah video diterangkannya bahwa panggilan untuk salat atau adzan adalah instalasi suara untuk sejumlah kota dan sebuah pegunungan di Switzerland.

Suara azan ini "booming" dan menjadi pusat perhatian masyarakat, karena suara itu adalah rekaman muazin yang mengumandangkan azan dengan megaphones yang direkam mp3 player. Kemudian suara itu direkam dan diberi waktu dan baterai. Rekaman itu selalu menyala dan mengumandangkan azan dengan pengeras suara, karena diberi baterai.

Rekaman muazin diambil dari seorang muazin sebuah masjid di Makkah al-Mukaramah. Pengeras suara dan alat pemutas azan ini dipersiapkan secara rahasia dan kemudian dipasang di menara-menara gereja di Switzerland.

Pada bagian awal video tampak proses pembuatan alat pengumandang azan yang terdiri dari pengeras suara yang dipadukan dengan mp3 player. Pembuatan alat ini dilakukan pada 18 juni 2007. Persiapan dilakukan di kota terbesar di Switzerland, yaitu Zurich.

Sebulan kemudian alat – alat itu dipasang di menara – menara gereja. Alat digantung dengan kawat. Pada saat waktu zhuhur tiba, alat itu mengumandangkan azan. Semua masyarakat di Switzerland mendengarkan kumandang azan itu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement