Senin 24 Nov 2014 14:57 WIB

Pertama Kalinya Ikan Laut Dalam Terekam Video

Rep: C01/ Red: Winda Destiana Putri
Black seadevil
Foto: Wikipedia
Black seadevil

REPUBLIKA.CO.ID, California -- Sebuah tim peneliti yang melakukan penyelaman di Teluk Monterey lepas pantai California untuk pertama kalinya berhasil merekam sosok seekor ikan penghuni laut dalam yang sangat jarang terlihat dalam video. Ikan yang terekam dalam video itu dikenal dengan nama black seadevil.

Ikan yang memiliki rahang yang besar dan tajam serta memiliki 'lampu' di kepalanya terlihat pada minggu ini di laut dalam, dengan kedalaman 1.900 kaki dari permukaan laut. Ikan ini ditemukan oleh para peneliti dan juga Institusi Penelitian Monterey Bay Aquarium (MBARI). "Kami menyelam di Ngarai Monterey ini secara rutin selama 25 tahun. Selama itu pula kami hanya melihat tiga ikan ini," ujar Ilmuwan Senior MBARI Bruce Robinson pada San Jose Mercury News, Senin (24/11).

Robinson menyatakan bagian tubuh ikan black seadevil atau anglerfish yang bersinar seperti lampu berfungsi sebagai umpan untuk menarik mangsa. Robinson juga menyatakan bahwa ia dan tim peneliti telah menangkap ikan tersebut untuk diteliti, akan tetapi mereka tidak tahu akan berapa lama ikan itu dapat bertahan.

Masih sedikit yang dapat diketahui dari ikan ini. Salah satu yang baru diketahui ialah black seadevil jantan memiliki rentang hidup jauh lebih pendek dibandingkan black seadevil betina. Black seadevil jantan akan berusaha untuk menempel pada si betina dan hidup sebagai parasit. "Jika mereka tidak dapat menemukan black seadevil betina, mereka akan mati tenggelam," jelas Profesor dan Ahli Anglerfish Laut Dalam dari Universitas Washington, Ted Pietsche.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement