Senin 24 Nov 2014 16:29 WIB

Astronaut Wanita Pertama Terbang Ke ISS

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Winda Destiana Putri
Samantha Cristoforetti
Foto: Reuters
Samantha Cristoforetti

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW -- Astronaut wanita asal Italia menjadi wanita pertama yang mendarat di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS), Senin (24/11). NASA mengatakan Samantha Cristoforetti (37 tahun) terbang dengan pesawat Rusia Soyuz.

Ia menuju ISS dengan kosmonot Anton Shkaplerov dan astronot Amerika Terry Virts. Mereka tiba di laboratorium luar angkasa dengan Soyuz TMA-15M pada Senin 02.49 GMT.

"Kendaraan baru telah tiba. Soyuz dikonfirmasi menempel dengan sempurna di atas Lautan Pasifik," kata televisi NASA. Cristoforetti, Virts dan Shkaplerov tiba enam jam setelah tinggal landas dari Kosmodrom Baikonur Rusia di Kazakhstan.

Mereka akan berada di luar angkasa hingga Mei 2015. Mereka bertugas membawa pasokan makanan untuk para astronot di angkasa. Mereka membawa satu kilo kaviar di koper dan sebuah mesin espreso.

"Ada sekitar 15 kotak masing-masing 30 gram kaviar. Ada juga apel, jeruk, tomat dan 140 dosis susu beku, juga teh hitam tanpa gula," kata pihak berwenang stasiun luar angkasa pada kantor berita Rusia, TASS Senin (24/11).

Cristoforetti adalah kapten angkatan udara Italia. Ia tidak hanya menjadi satu-satunya astronot wanita dari Italia yang pergi ke luar angkasa, tapi juga satu-satunya astronot wanita yang membawa mesin pembuat espreso Italia ke orbit luar angkasa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement