Selasa 25 Nov 2014 04:14 WIB

Inikah Kandidat Pengganti Hagel?

Rep: c13/ Red: Esthi Maharani
Chuck Hagel
Foto: Reuters/Pablo Martinez Monsivais
Chuck Hagel

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Menteri Pertahanan Amerika Serikat, Chuck Hagel resmi mengundurkan diri, Senin (24/11). Gedung putih tak memberikan petunjuk siapa yang mungkin menggantikan Hagel.

Meski begitu, New York Times mengutip tiga kandidat yang mungkin akan menggantikan posisinya. Yakni Mantan pejabat di kementerian pertahanan, Michele Fluornoy, dikabarkan menjadi kandidat terkuat bersama Senator Jack Reed dari Rhode Island serta mantan Deputi Menteri Pertahanan Asthon Carter.

Sebelum pengunduran diri Hagel, ia dan Presiden Barack Obama beberapa kali bertemu.

"Pada Oktober, Menteri Hagel mulai berbicara dengan presiden tentang rencana kemundurannya. Percakapan mereka telah berlangsung selama beberapa pekan," kata pejabat pemerintah yang enggan disebutkan namanya.

Anggota staf senior keamanan nasional di Kongres mengatakan tidak ada pemecatan terhadap Hagel.

"Hagel berhenti," kata staf tersebut. "Hagel menemukan dirinya bertentangan dengan pemerintahan,"

Hagel dipilih menjadi Menteri Pertahanan AS untuk mengawasi transisi dari militer ke masa damai dengan anggaran pertahanan yang lebih kecil dari sebelumnya.

Tetapi, kemunculan ISIS telah melahirkan kebutuhan mendesak bagi Pentagon untuk dapat mengatur peperangan yang lebih kompleks. Dari situ, Presiden Barack Obama pun akhirnya memutuskan tidak lagi mengikutsertakan Hagel dalam penanganan ISIS ataupun isu pertahanan lainnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement