Selasa 25 Nov 2014 03:53 WIB

Pengunduran Diri Hagel Karena Masalah Internal Gedung Putih?

Rep: c13/ Red: Esthi Maharani
John McCain
Foto: Reuters
John McCain

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Beberapa politisi dari Partai Republik mengklaim, pengunduran diri Menteri Pertahanan Amerika Serikat Chuck Hagel karena masalah internal dan perselisihan antara Gedung Putih dan Pentagon.

"Chuck [Hagel] dan saya telah bekerja sama dengan baik,” kata Senator John McCain, salah satu tokoh yang paling vokal terhadap kebijakan luar negeri Obama.

Ia juga mengatakan, mereka telah sering melihat secara langsung tantangan keamanan nasional terbesar AS yakni ISIS, konflik di Suriah, perang di Afghanistan, dan China.

McCain menduga Hagel merasa frustrasi dengan kebijakan keamanan Obama yang mengalokasikan anggaran pertahanannya lebih minim daripada sebelumnya. Celakanya, keberadaan ISIS dan isu keamanan lain membuat AS harus bertindak lebih agresif.

"Tapi pada akhirnya, Presiden perlu menyadari bahwa sumber nyata dari kegagalannya saat ini ada pada keamanan nasional,” ujar McCain.

Menurutnya, presiden lebih sering berbohong dengan kebijakan yang salah dan peran yang dimainkan oleh Gedung Putih dalam merancang dan mengimplementasikannya. McCain menganggap, hal inilah yang harus diubah dari pemerintahan AS.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement