Selasa 25 Nov 2014 07:17 WIB

Chuck Hagel Mundur, Obama Ingin Kepemimpinan yang ‘Fresh’

Rep: c13/ Red: Esthi Maharani
Chuck Hagel
Foto: Reuters/Pablo Martinez Monsivais
Chuck Hagel

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Para pejabat mengatakan Presiden Amerika Serikat, Barack Obama ingin kepemimpinan yang segar untuk dua tahun terakhir pemerintahannya. Pernyataan ini muncul setelah Menteri Pertahanan Hagel resmi mengundurkan diri pada Senin (24/11).

Terkait pengunduran diri Hagel, para pejabat AS kembali menegaskan pengundurannya bukan karena kritikan yang diterima atau yang disampaikan kepada Obama.

"Menteri tidak mengundurkan diri sebagai protes dan dia juga tidak 'dipecat'," kata seorang pejabat senior pertahanan AS.

Sebelum dipilihnya Menteri Pertahanan yang baru oleh Senat, Hagel akan bekerja. Beredar kabar bahwa Michele Flournoy menjadi calon potensial untuk menggantikan Hagel. Ia merupakan mantan wakil menteri pertahanan.

Selain itu, Ashton Carter juga dikabarkan akan menjadi pesaing untuk memegang jabatan Hagel. Ia merupakan mantan wakil menteri pertahanan. Terkait calon menteri pertahanan AS selanjutnya, Senator Jack Reed juga dikabarkan menjadi calon yang berpeluang memegang jabatan itu.

Hagel merupakan satu-satunya veteran yang menjadi menteri pertahanan. Ia berpindah ke pihak Oposisi pemerintah ketika Obama, seorang Demokrat, mencalonkannya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement