Kamis 27 Nov 2014 13:22 WIB

Hewan Langka dan Telah Punah Ini Dilelang

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Esthi Maharani
Mammoth
Foto: wikipedia
Mammoth

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Rangka dari jaman es milik wolly mammoth terjual dalam sebuah lelang di London, Inggris dengan harga 300 ribu dolar AS atau setara 3 milyar rupiah, Rabu (26/11). Skeleton dengan panjang 5,5 meter ini tersusun dari 150 tulang dari penemuan berdekade-dekade lalu.

Sebelumnya, rangka mammoth dipamerkan di rumah lelang Billingshurst, Inggris selatan. Mammoth ini dipercaya jantan yang hidup 50 ribu tahun lalu dengan berat mencapai enam ton. Para peserta lelang di Summers Place Auctions menyebutnya 'Monty'.

Rangka ini terjual pada kolektor pribadi asal Inggris melalui sambungan telepon. Juru bicara Summers Place mengatakan mammoth ini merupakan raksasa tertutup bulu yang menjelajahi padang membentang di Eurasia utara dan Amerika Utara. Spesies ini telah punah sekitar 10 ribu tahun lalu.

''Mammoth hidup dengan peradaban manusia pertama. Mereka memburu mammoth untuk makanan dan menggunakan tulangnya untuk seni,'' kata sang juru bicara. Monty adalah salah satu dari beberapa barang lelang Second Evolution yang fokus pada spesies langka dan telah punah.

Spesies langka lain yang dilelang termasuk rangka Moa, burung mirip Emu yang hidup di Selandia Baru sekitar seribu tahun lalu. Selain itu ada telur burung gajah yang panjangnya 30 cm.

Telur itu milik burung Madagaskar yang punah 500 tahun lalu dan tercatat sebagai telur terbesar yang pernah ada. Bahkan, menurut rumah lelang, lebih besar dari telur dinosaurus.

Kurator lelang Second Evolution, Errol Fuller mengatakan timnya telah mengatur contoh terbaik. ''Dan ini adalah kesempatan bagus untuk melihat semuanya bersama,'' kata Fuller, dikutip AFP.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement