Jumat 12 Dec 2014 06:17 WIB

Direktur CIA: Interogasi CIA Membawa pada Penangkapan Bin Ladin

Rep: Gita Amanda/ Red: Indira Rezkisari
Direktur CIA, John Brennan.
Foto: Reuters
Direktur CIA, John Brennan.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Direktur CIA John Brennan mengatakan, CIA telah melakukan banyak hal yang benar.  Bahkan menurutnya, cara interogasi yang dikecam secara luas itu yang mengantarkan pada penangkapan dan kematian Usamah bin Ladin.

Dilansir dari Aljazirah, Brennan tak menampik jika ada beberapa perwiranya yang melakukan teknik interogasi yang melampaui batas-batas hukum. Dia akan meminta pertanggungjawaban dari mereka.

Namun, pada Kamis (11/12), ia menegaskan CIA telah melakukan banyak hal yang benar. Menurut dia, tak mudah saat itu untuk mendapat sebuah jawaban. Brennan mengatakan, tak banyak yang tahu bahwa teknik yang secara luas dikecam oleh para kritikus Amerika dan internasional itulah yang membawa pada penangkapan dan kematian tokoh penting ALqaidah, Osama bin Laden.

"Itu tugas kami untuk melaksanakannya," kata Brennan mengacu pada perintah dari pemerintah Presiden George W Bush, yang meminta untuk menginterogasi tersangka serangan menara World Trade Centre.

Ia pun mengakui dalam beberapa kasus, CIA melakukan metode yang mengerikan untuk menghadapi tawanan.

Sebelumnya pada Selasa (9/12), Senat AS mengeluarkan laporan yang mengutuk metode yang dilakukan CIA pada para tersangka teroris. Mereka menyebut teknik interogasi yang dilakukan CIA penuh kebrutalan dan penipuan. Teknik tersebut disebut-sebut dilakukan berdasarkan perintah dari Presiden Bush, untuk pelaku serangan 11 September 2001 di AS.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement