Kamis 18 Dec 2014 17:00 WIB

Keamanan dan Kesejahteraan Jadi Fokus Utama Negara-Negara ASEAN

Rep: C84/ Red: Julkifli Marbun
ASEAN
ASEAN

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam Press Briefing yang diselenggarakan Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) di Ruang Palapa Kemenlu, Jalan Taman Pejambon No. 6 Jakarta Pusat, Kamis (18/12), Dirjen Kerjasama ASEAN, Kemenlu, I Gusti Agung Wesaka Puja menyampaikan pentingnya menjaga hubungan negara-negara ASEAN.

Ia menjelaskan tentang KTT ke-25 ASEAN di Myanmar yang membahas kembali masalah kerjasama dan juga penanggulangan bencana. Hal ini tak lepas dari sejumlah bencana yang terjadi seperti tenggelamnya Kapal Oryong di Korea Selatan dan juga Topan Rubby di Filipina.

Dalam pertemuan Kepala negara-negara ASEAN, ia menekankan komitmen mereka untuk menjamin kemakmuran dan kesejahteraan di kawasan tersebut. Ia melanjutkan bahwa kedepannya, Kemenlu akan memperkuat kesertariatan bagi negara-negara ASEAN di Jakarta.

"Dari 169 proyek kerjasama ASEAN selama 2 tahun, baru 117 proyek yang sudah terlaksana. 24 proyek lainnya sedang berjalan, sedangkan 28 lainnya masih dalam perencanaan," ujarnya kepada wartawan.

Ia menambahkan dalam pertemuan tersebut juga membahas tiga pilar yang telah disepakati bersama yakni keamanan politik, ekonomi dan budaya. Sementara itu, Presiden Indonesia, Jokowi juga menekankan dukungan Indonesia untuk meningkatkan target perdagangan dan investasi.

Jokowi, seperti yan ia katakan, menyampaikan pentingnya mengedepankan dialog dalam menjaga stabilitas keamanan di kawasan ASEAN. Indonesia yang hingga saat ini menjabat sebagai koordinator ASEAN akan menyelesaikan tugasnya hingga Juli 2015 mendatang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement