Sabtu 20 Dec 2014 14:33 WIB

Turki akan Mulai Program Pelatihan Buat Oposisi Suriah

Bendera Turki
Foto: worldatlas.com
Bendera Turki

REPUBLIKA.CO.ID, ANKARA -- Turki dapat memulai pelatihan buat oposisi Suriah sebelum Maret 2015, sebagai bagian dari upaya untuk menurunkan kemampuan dan mengalahkan anggota Negara Islam (IS) di Suriah, kata Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu pada Jumat (19/12).

"Kami telah mencaphttp://cms.republika.co.id/news/createai kerangka kerja jelas mengenai pelatihan dan pemberian perlengkapan buat oposisi Suriah dalam perundingan dengan AS," kata Cavusoglu kepada wartawan di Ibu Kota Turki, Ankara.

Turki dan AS telah mengadakan pembicaraan bagi program pelatihan gerilyawan moderat Suriah di Pangkalan Militer Hirfanli di Anatolia Tengah, Turki.

Menurut rencana itu, AS akan memikul tugas memberi perlengkapan buat gerilyawan Suriah, demikian laporan Xinhua --yang dipantau Antara di Jakarta, Sabtu pagi (20/12).

Turki keberatan menjadi bagian yang terlibat penuh dalam koalisi anti-IS kecuali Washington setuju mensahkan satu "strategis terpadu" yang juga bertujuan menggeser Presiden Suriah Bashar al-Assad dari jabatan.

Namun, Washington menyatakan prioritasnya bukan Bashar tapi ancaman gerilyawan fanatik IS.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement