Jumat 26 Dec 2014 10:56 WIB

Begini Cara Muslim Inggris Rayakan Natal

Rep: Cr05/ Red: Erik Purnama Putra
Muslim di Inggris.
Foto: The Times
Muslim di Inggris.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Perayaan Natal oleh komunitas Muslim Inggris di London bukanlah hal baru. Beberapa rumah tangga Muslim dengan beragam etnis di sana umumnya merayakan natal dengan memasak kalkun panggang.

Sebuah tradisi kembali dari abad ke-16 menjadi semakin populer di antara beberapa Muslim Inggris. Bahan-bahan utama untuk memasak kalkun tersebut mungkin mengacu pada abad tersebut tetapi untuk soal rasa, para Muslim itu mengembangkannya.

Sarah Aziz, salah satu Muslim yang mengaku memasak kalkun tandoori namun dengan resep berbeda dari Turki. "Kami telah membuat makan siang Natal menjadi tradisi keluarga tahunan selama lima tahun terakhir," jelas Sarah Aziz, Muslim dari London Timur seperti dilansir Al Arabiya, Kamis (25/12).

Menyediakan waktu untuk bersantap kalkun di hari natal diakui Sarah sudah biasa dilakukan keluarganya. Namun tetap menurutnya semangat kebersamaan belum hilang pada kaum Muslim.

Makan malam tradisional pada saat natal baginya justru membentuk titik fokus untuk bersama-sama dengan semua masyarakat di sana. Ia mengakui natal bukan dimaknai sebagai perayaan keagamaan oleh Muslim.

"Kita mungkin tidak menandai Natal sebagai perayaan keagamaan, tetapi itu tidak berarti kita tidak bisa menjadi bagian dari semangat meriah ini," kata Sarah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement