Senin 29 Dec 2014 12:47 WIB
AirAsia hilang

AS Siap Bantu Pencarian Pesawat Air Asia

Rep: C84/ Red: Erik Purnama Putra
Markas Pentagon.
Foto: AP Photo/Charles Dharapak
Markas Pentagon.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Amerika Serikat (AS) mengatakan siap membantu Pemerintah Indonesia dalam pencarian sebuah pesawat AirAsia yang hilang kontak dalam perjalanan Surabaya ke Singapura pada Ahad (28/12) WIB. Namun, hal itu belum akan dilakukan mengingat belum adanya persetujuan dari Pemerintah Indonesia.

Departemen Luar Negeri AS mengatakan negerinya siap membantu dengan cara apapun agar dapat menemukan pesawat yang hilang tersebut. Dewan Air Nasional Keselamatan Transportasi AS juga mengatakan pihaknya terus memantau situasi dan siap untuk membantu penyelidikan jika diminta.

Hanya saja, juru bicara Pentagon mengatakan kepada AFP, Senin (29/12), tidak mengetahui adanya permintaan bantuan dari Indonesia sejauh ini. Pesawat AirAsia jenis Airbus A320-200 menghilang dalam perjalanan dari Surabaya, Jawa timur ke Singapura dengan 162 orang di dalamnya, setelah kru meminta perubahan jalur penerbangan karena cuaca badai.

Departemen Luar Negeri AS menegaskan bahwa tidak ada warga negara AS dalam pesawat tersebut. Gedung Putih mengatakan pada Ahad (28/12) kemarin bahwa Presiden AS Barack Obama telah diberitahu tentang hilangnya pesawat dan sedang memantau situasi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement