Ahad 25 Jan 2015 15:09 WIB

Obama Datang, India Lakukan Pengamanan Super

Rep: Ani Nursalikah/ Red: Ilham
Presiden Amerika Serikat Barack Obama.
Foto: AP
Presiden Amerika Serikat Barack Obama.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW DELHI -- Presiden Amerika Serikat, Barack Hussein Obama tiba di India untuk melakukan kunjungan kenegaraan selama tiga hari, Ahad (25/1). India tidak main-main dalam mempersiapkan pengamanan terhadap orang nomor satu di Amerika itu.

Dilansir dari BBC, Ahad (25/1), ribuan personel keamanan diterjunkan di Delhi. Sebanyak 15 ribu kamera keamanan dipasang, sejumlah ruas jalan diblokade dan di beberapa tempat dibuat dinding dari karung pasir.

Selain melakukan pembicaraan dengan Perdana Menteri Narendra Modi dan menghadiri jamuan makan malam, Obama juga akan bergabung bersama Modi dalam pidato bulanan di radio. Radio dipilih karena masih ada jutaan rakyat India yang tidak memiliki akses terhadap televisi.

Lokasi perayaan Hari Republik India Gate dan Rajpath selama beberapa hari terkahir ditutup dan dijaga ribuan polisi. Pengamanan di sejumlah hotel kelas atas tempat Obama dan timnya menginap juga diperketat. 

Pembatasan lalu lintas diberlakukan di seluruh negeri. Pemeriksaan tambahan dan pengamanan ketat juga dilakukan di stasiun kereta api, bandara dan pelabuhan. Polisi juga melakukan pemeriksaan dari rumah ke rumah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement