Senin 26 Jan 2015 01:31 WIB

PBB Siap Bantu Nigeria Atasi Boko Haram

Konflik yang melibatkan Boko Haram (ilustrasi)
Foto: REUTERS/AFOLABI SOTUNDE
Konflik yang melibatkan Boko Haram (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, LAGOS -- PBB, Sabtu (24/1) waktu setempat, menjanjikan dukungannya buat Nigeria guna mengalahkan Boko Haram serta melaksanakan pemilihan umum yang bebas, adil dan transparan pada Februari.

Wakil Sekretaris Jenderal PBB di Afrika Barat dan Wakil Tinggi PBB di Nigeria, Mohammed Ibn Chambas, menyampaikan janji tersebut di Sokoto Utara, selama satu kunjungan ke Gubernur Aliyu Wamakko.

"PBB, persis seperti masyarakat internasional, merasangeri dengan serangan belum lama ini terhadap Kota Kecil Baga di Borno dan ini adalah kejahatan terhadap kemanusiaan dan gerilyawan Boko Haram adalah 'bukan Afrika dan bukan Nigeria' dan mereka harus dihentikan," katanya.

Mengenai pemungutan suara, Chambas mendesak rakyat Nigeria agar tidak memandang hari pemilihan umum dan masa jeda menuju proses demokrasi itu sebagai tanda kiamat.

"Nigeria bisa memainkan peran strategis di Afrika dan di kancah global, dan semua mata sekarang tertuju ke negara itu untuk melaksankan pemungutan suara yang bebas, adil, dapat dipercaya, transparan dan dapat diterima," tambah Chambas dikutip Xinhua yang dipantau Antara pada Ahad (25/1).

Menurut Chambas, PBB dan semua anggota masyarakat internasional akan berada di sekeliling Nigeria. Ia menyeru komisi pemilihan umum agar tetap tak memihak dan menyelenggarakan pemilihan umum yang bebas, adil dan dapat diterima.

sumber : Antara/Xinhua-OANA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement