Senin 26 Jan 2015 13:28 WIB

DK PBB akan Bahas Krisis Ukraina

Ukraina
Ukraina

REPUBLIKA.CO.ID, PBB -- Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Senin (26/1), berencana mengadakan pertemuan khusus yang fokus pada kekerasan di timur Ukraina.

Pertemuan ini diadakan oleh Lithuania, anggota sementara dewan, atas permintaan Kiev dan akan dimulai pada pukul 03.00 sore waktu setempat.

Lima belas negara anggota Dewan Keamanan, Sabtu (23/1), gagal menyepakati resolusi untuk mengecam serangan roket ke pelabuhan Mariupol yang menewaskan sekitar 30 orang.

Dewan Keamanan telah mencoba untuk mengumpulkan pernyataan terkait Mariupol, atas desakan Inggris. Tapi Rusia, yang dituduh oleh Barat membantu separatis, memblokir upaya itu, menurut para diplomat Barat.

Pertemuan pada Senin akan menjadi pertemuan terbaru dalam serangkaian lebih dari dua lusin pertemuan tentang Ukraina sejak krisis mulai hampir setahun yang lalu.

Sebagai anggota tetap Dewan Keamanan, Rusia memiliki hak veto dan pertemuan sebelumnya telah diwarnai perdebatan antara kekuatan Barat dan perwakilan Moskow, meski pun Rusia membantah mendukung pemberontak Ukraina.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement