Selasa 27 Jan 2015 10:56 WIB

Pesawat Jatuh, 10 Orang Tewas

Rep: Gita Amanda/ Red: Bilal Ramadhan
Pesawat Jatuh (Ilustrasi)
Foto: Republika/Yasin Habibi
Pesawat Jatuh (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID-- Sepuluh orang tewas dalam kecelakaan jet tempur Yunani di Spanyol. Pesawat F-16 Yunani jatuh saat bermanuver, tak lama setelah lepas landas di sebuah pusat pelatihan di timur negara itu.

Aljazirah melaporkan, Kementerian Pertahanan Spanyol mengatakan bahwa jet tempur F-16 Yunani menabrak hanggar di sebuah pangkalan militer di Spanyol di ALbacete, 262 kilometer tenggara Madrid. Pesawat jatuh saat berpartisipasi dalam pelatihan NATO.

Kementerian pertahanan mengatakan pada hari Senin (26/1), bahwa sepuluh orang tewas dalam kecelakaan itu dan 13 lainnya luka-luka.

"Pesawat, merupakan bagian dari Program (pelatihan) NATO setelah lepas landas pesawat kehilangan kendali, pesawat menabrak area parkir pesawat, menabrak sejumlah pesawat yang diparkir di sana. Tujuh dari korban cedera berada dalam kondisi yang sangat serius," kata seorang pejabat kementerian pertahanan kepada kantor berita AFP.

Kru darurat berupaya memadamkan api dan menentukan berapa banyak kerusakan pesawat lain yang terlibat dalam latihan NATO. Dari rekaman televisi nasional menunjukkan api berkobar di atas reruntuhan, dan segumpal asap hitam membumbung di atas pesawat yang jatuh di Pangkalan Los Llanos.

Kantor berita Associated Press mengatakan, belum diketahui apakah sebagian besar korban merupakan warga Spanyol. Namun seorang juru bicara NATO menolak untuk mengungkapkan rincian, merujuk pertanyaan para pejabat militer Spanyol dan Yunani.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement