Kamis 29 Jan 2015 20:09 WIB

Usai Dikunjungi Obama, India Pecat Menteri Luar Negeri

Rep: Ani Nursalikah/ Red: Ilham
Barack Obama dan Narendra Modi
Foto: telegraph
Barack Obama dan Narendra Modi

REPUBLIKA.CO.ID, NEW DELHI -- Satu hari setelah lawatan Presiden AS Barack Obama, pemerintah India memecat Menteri Luar Negeri Sujatha Singh, Rabu malam (28/1).

Posisi Singh kemudian diisi oleh Duta Besar India untuk AS Subrahmanyam Jaishankar, Kamis (29/1). Jaishankar mengatakan pengangkatannya tersebut sebagai sebuah tanggung jawab besar.

Pemerintah memecat Singhs tanpa memberi alasan. Dikutip dari Times of India, Perdana Menteri Narendra Modi tidak terkesan dengan Singh dan pekerjaannya. Hal tersebut telah menjadi rahasia umum selama beberapa bulan terakhir. Keputusan itu akhirnya diambil setelah kunjungan Obama.

Surat kabar Indian Express mengatakan, Jaishankar mendapatkan jabatan itu sebagai imbalan karena berhasil membawa babak baru dalam hubungan India dengan AS. Jaishankar mengatur kunjungan Modi ke Washington September lalu dan mewujudkan gagasan Modi menjadikan Obama tamu kehormatan dalam perayaan Hari Republik.

Merupakan hal yang langka menteri luar negeri diberhentikan. Singh adalah menteri luar negeri kedua yang dipecat selama hampir tiga dekade. Pada 1987, Perdana Menteri Rajiv Gandhi memecat AP Venkateswaran karena mengumumkan kunjungan ke Pakistan tanpa persetujuan. 

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement