Sabtu 31 Jan 2015 16:56 WIB

Menlu AS akan ke Kiev Tunjukkan Dukungan

Menlu AS, John Kerry
Foto: VOA
Menlu AS, John Kerry

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Menteri Luar Negeri Amerika Serikat John Kerry akan bertolak ke Ukraina pekan depan untuk menggarisbawahi dukungan Washington terhadap negara-negara yang menghadapi serangan oleh pemberontak pro-Rusia.

Departemen Luar Negeri mengatakan Jumat (31/1)  bahwa Kerry akan tiba di Kiev pada 5 Februari dan bertemu dengan Presiden Ukraina Petro Poroshenko, Perdana Menteri Arseniy Yatsenyuk dan Menteri Luar Negeri Pavlo Klimkin.

Juru bicara Jen Psaki mengatakan kepada wartawan, bahwa pembicaraan akan berkaitan dengan "bagaimana kita dapat bekerja sama untuk menenangkan situasi di lapangan."

Amerika Serikat telah menuduh pemerintah Presiden Rusia Vladimir Putin mengobarkan dan mempertahankan pemberontakan di Ukraina timur yang telah menjerumuskan negara bekas republik Soviet itu ke dalam konflik.

Washington dan Uni Eropa telah memberlakukan dan meningkatkan berbagai sanksi keuangan terhadap para pejabat, individu, perusahaan dan lembaga-lembaga di Rusia, namun Moskow tidak mundur. "Kunjungan menlu akan menyoroti dukungan teguh Amerika Serikat untuk Ukraina dan rakyatnya," kata kantornya.

Setelah kunjungannya ke Kiev, Kerry akan melakukan perjalanan ke Jerman untuk menghadiri Konferensi Keamanan Munich, satu acara internasional tahunan untuk para pejabat senior dan ahli, antara 6-8 Februari.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement