Ahad 01 Feb 2015 15:15 WIB

AS: Kobani Berhasil Direbut dari ISIS

Rep: Ani Nursalikah/ Red: Esthi Maharani
Pengungsi Suriah menuju perbatasan Turki di dekat Kota Kobani.
Foto: NBCNews
Pengungsi Suriah menuju perbatasan Turki di dekat Kota Kobani.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Pasukan darat Kurdi dengan dibantu Amerika Serikta dan serangan udara pasukan sekutu berhasil menguasai kembali kota Kobani di Suriah dari milisi ISIS.

"Pasukan darat Kurdi dengan didukung pasukan udara kami berhasil mengambil kembali kota Kobani," ujar Komandan Satuan Tugas Khusus Gabungan Letnan Jenderal James Terry dari Amerika Serikat (AS) dalam pernyataan, Sabtu (31/1).

Kelompok pengawas dan media pemerintah Suriah, Senin pekan lalu melaporkan pasukan Kurdi menguasai penuh Kobani. Namun, Selasanya pejabat AS mengatakan kota di perbatasan Turki itu belum dikuasai penuh.

"Pasukan Kurdi terus melebarkan posisinya di daerah luar di sekitar Kobani dengan merebut wilayah utama dan akses kunci," ujar pernyataan tersebut.

AS dan sekutunya meluncurkan lebih dari 700 serangan udara terhadap ISIS di dan di sekitar Kobani sejak 8 Agustus. Serangan itu menghancurkan lebih dari 280 pos pertempuran, hampir 100 bangunan dan lebih dari 60 kendaraan teknis dan perlengkapan lain.

sumber : reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement