Kamis 26 Feb 2015 16:30 WIB

Jumlah Korban Penculikan ISIS Terus Bertambah

Rep: Gita Amanda/ Red: Ilham
ISIS eksekusi mati 21 warga Mesir.
Foto: Theepochtimes.com
ISIS eksekusi mati 21 warga Mesir.

REPUBLIKA.CO.ID, HASAKA -- Militan kelompok Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS), menculik sedikitnya 220 orang warga Kristen di desa Asiria di timur laut Suriah. Aksi penculikan telah berlangsung selama tiga hari dan korbannya terus bertambah.

Observatorium Suriah yang berbasis di Inggris mengatakan, penculikan terjadi ketika ISIS mendatangi 10 desa yang dihuni oleh minoritas warga Kristen kuno di kota Hasaka. Angka warga Kristen yang diculik terus meningkat dari hari ke hari.

Sebelumnya, lembaga itu melaporkan 90 warga diculik, saat ISIS melancarkan serangan fajar ke desa-desa yang dihuni oleh minoritas. Kemudian, pada Selasa (24/2), kelompok Kristen Suriah yang mewakili beberapa LSM dalam dan luar negeri memverifikasi sedikitnya 150 orang Asiria diculik. Presiden Dewan Nasional Suriah, Bassam Ishak mengatakan, mereka yang diculik termasuk perempuan dan lansia.

Negara Islam tak mengkonfirmasi penculikan. Namun beredar foto online pejuang dengan pakaiannya dikamuflase sedang melihat peta dan menembakkan senapan mesin. Situs pengedar foto menuli, foto-foto tersebut berasal dari Tel Tamr dekat lokasi penculikan.

Banyak warga Kristen Asiria telah berimigrasi akibat konflik yang berlangsung selama empat tahun terakhir. Konflik itu telah menewaskan 200 ribu orang. Sebelum kedatangan suku Kurdi, warga Kristen mayoritas di daerah Suriah, termasuk Hasaka.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement