Jumat 27 Feb 2015 06:11 WIB

Cina Larang Impor Gading Selama Satu Tahun

Seorang polisi berdiri di deretan gading gajah yang disita dari perburuan gelap. (ilustrasi)
Foto: Reuters/Joseph Okanga
Seorang polisi berdiri di deretan gading gajah yang disita dari perburuan gelap. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING -- Cina memberlakukan larangan impor gading gajah selama satu tahun. Larangan tersebut berlaku mulai Kamis (26/2).

Departemen Kehutanan mengumumkan larangan tersebut dalam pengumuman publik yang diposting dalam laman situs resmi lembaga. Departemen tersebut tidak akan menangani permintaan impor.

Pejabat departemen yang tidak disebutkan namanya berharap larangan tersebut menjadi langkah konkret mengurangi permintaan gading gajah Afrika dan melindungi hewan bertelinga lebar tersebut.

Otoritas akan mengkaji dampak larangan sementara tersebut terhadap perlindungan gajah sebelum mereka melakukan langkah efektif selanjutnya.

Cina merupakan importir gading gajah selundupan terbesar di dunia, meski Cina menentang gading ilegal. Sebanyak enam ton gading dimusnahkan tahun lalu di kota Dongguan. Pengadilan Cina telah meningkatkan penuntutan terhadap perdagangan gading ilegal.

Pemerintah juga memperingatkan warganya tidak membawa pulang gading. Namun, kritik mengatakan sosialisasi kesadaran masyarakat kurang sehingga banyak warga Cina yang tidak tahu gading gajah diperoleh dengan membunuh gajah.

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement