Jumat 27 Feb 2015 03:50 WIB

Identitas Asli Jagal ISIS, Jihadi John Terungkap

Rep: Dyah Ratna Meta Novia / Red: Ilham
Jagal ISIS Jihadi John
Foto: Dailymail
Jagal ISIS Jihadi John

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Dunia mengenal Jihadi John, jagal ISIS yang memiliki aksen Inggris kental saat berbicara. Ia juga dikenal telah memenggal beberapa tawanan ISIS melalui video yang mereka sebarkan secara online di internet.

Menurut teman-teman dan orang-orang yang familiar dengan kasusnya, Jihadi John bernama asli Mohammed Emwazi. Ia seorang warga Briton yang tumbuh di London Barat dan lulus kuliah di jurusan program komputer.

"Saya yakin Mohammed adalah Jihadi John. Dia seperti kakakku, saya yakin itu dia," kata seorang teman dekat Emwazi seperti dilansir Washington Post, Kamis, (26/2).

Salah seorang wakil HAM Inggris yang pernah bertemu dengan Emwazi sebelum dia berangkat ke Suriah mengaku yakin kalau Jihadi John adalah Emwazi.

Direktur Riset CAGE Asim Qureshi mengatakan, terdapat kemiripan yang kuat antara Jihadi John dengan Emwazi. "Itu membuat saya yakin kalau  Jihadi John dan Emwazi merupakan orang yang sama."

Pihak berwenang sudah melakukan berbagai macam teknis investigasi termasuk analisis suara dan mantan tawanan untuk mengidentifikasi Jihadi John.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement