Jumat 27 Feb 2015 15:50 WIB

Angkatan Laut Korsel-AS Gelar Latihan Bareng

Latihan militer bersama Amerika Serikat dan Korea Selatan
Foto: usmilitary.about.com
Latihan militer bersama Amerika Serikat dan Korea Selatan

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL -- Korea Selatan dan Amerika Serikat melakukan pelatihan angkatan laut bersama menjelang peluncuran pelatihan militer besar-besaran pekan depan.

Juru bicara Kementerian Pertahanan Korsel, Jumat (27/2) mengatakan pelatihan bersama melibatkan 10 kapal perang Korea Selatan. Didukung beberapa pesawat pengintai dan helikopter, serta sebuah kapal perusak Aegis dan helikopter Sea Hawk milik Amerika Serikat,

.

"Pelatihan itu untuk meningkatkan kemampuan gerakan dan meningkatkan kemampuan pertahanan bersama dua negara bersekutu tersebut," kata juru bicara itu.

Pelatihan angkatan laut bersama itu adalah awal dari pelatihan militer bersama tahunan Foal Eagle selama delapan pekan. Dimulai pada Senin (2/3), latihan itu melibatkan pelatihan angkatan udara, darat, laut dengan sekitar 200.000 tentara Korsel dan 3.700 tentara AS.

Selain itu, latihan militer bersama melalui simulasi komputer selama seminggu, Key Resolve, juga akan berlangsung pada Senin. Latihan militer tahunan Korsel-AS merupakan sumber abadi ketegangan antara kedua negara semenanjung Korea itu.

Pemerintah Korsel dan AS bersikeras bahwa latihan militer bersama yang mereka lakukan pada dasarnya bersifat defensif, tetapi latihan itu seringkali dikecam oleh Pemerintah Korut karena dianggap sebagai latihan provokatif untuk invasi.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement