Senin 02 Mar 2015 22:59 WIB

Danau Es Berubah Jadi Landasan Pacu Pesawat

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Esthi Maharani
Musim dingin (ilustrasi)
Foto: AP/Scott Heppell
Musim dingin (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, ALTON -- Musim dingin di Amerika Serikat tak melulu membawa kerugian. Cuaca dingin membuat sebuah danau di New Hampshire membeku.

Hamparan luas es dari air Danau Winnipesaukee ini dimanfaatkan oleh puluhan pilot. Mereka berbondong-bondong menjadikan danau ini sebagai landasan pacu pesawat. Terlebih membekunya danau dianggap peristiwa yang sangat langka. 

''Kapan lagi pesawat non amphibi bisa mendarat di air?'' kata pilot Ken Ortmann di New Hampshire.

Danau Winnipesaukee merupakan satu-satunya danau di 48 negara bagian AS yang diizinkan jadi landasan pacu ketika ia berubah menjadi daratan es. Peraturan ini disetujui oleh Administrasi Penerbangan Federal.

Seorang pilot, Angela Leedy menggunakannya untuk latihan. Ia terbang dari Pittstown, New Jersey selama tiga jam. Direktur bandara Paul LaRochelle mengatakan lapangan terbang ini sangat populer di kalangan pilot.

''Ketika es cukup kuat, mereka 'membajaknya','' kata LaRochelle. 

LaRochelle mengarahkan dan mengawasi para pilot dengan hati-hati. Ia memerintahkan para pilot tidak menggunakan rem pesawat.

''Anda hanya akan tergelincir,'' katanya. 

Ia mengakui pemanfaatan lahan ini beresiko menimbulkan kecelakaan. Pada Maret lalu, sebuah pesawat eksperimental mematahkan bongkahan salju dan mendarat dengan keras. Beruntung, pilot tidak terluka.

Bulan Februari 2015 telah tercatat dalam rekor terdingin di beberapa wilayah, termasuk di kota-kota New York. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement