Selasa 03 Mar 2015 02:24 WIB

Warren Buffet Telah Temukan Kandidat Penggantinya

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Erik Purnama Putra
CEO Berkshire Hathaway, Warren Buffett.
Foto: Reuters / Carlo Allegri
CEO Berkshire Hathaway, Warren Buffett.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Miliarder sekaligus CEO Berkshire Hathaway, Warren Buffett tampaknya sudah menemukan kandidat untuk menggantikan posisinya. Pada akhir pekan lalu, Buffett telah menyampaikan surat kepada seluruh pemegang saham dan mengungkapkan bahwa telah menunjuk dua kandidat sebagai penggantinya, yakni Ajit Jain dan Greg Abel.

Kedua kandidat tersebut dinilai memiliki kelebihan sebagai seorang eksekutif bisnis yang lebih baik daripada Buffett. Miliarder berusia 84 tahun itu mengisyaratkan Jain sebagai kandidat yang dipercaya sebagai front-runner untuk menduduki jabatan tertinggi di Berkshire Hathaway. Jain bergabung dengan perusahaan tersebut pada 1986 dan dia langsung dipercaya untuk mengoperasikan reasuransi National Indemnity.

"Jain telah membangun bisnis ini menjadi salah satu perusahaan asuransi raksasa di dunia," ujar Buffett dilansir Reuters, Selasa (3/3).

Dalam surat pemegang saham Berkshire yang diunggah online pada Sabtu (28/2) pekan lalu, menyebutkan bahwa operasi reasuransi Jain menggabungkan kapasitas, kecepatan, ketegasan dan mampu menggunakan cara yang unik dalam bisnis asuransi.

Sejak saat itu, Jain menjadi sosok yang sangat diperhitungkan di Berkshire karena berhasil menjalankan bisnis dengan baik. Dalam surat pemegang saham 2009 silam, Buffet menyatakan bahwa peristiwa penting dalam sejarah Berkshire terjadi pada 1985.  

"Ajit Jain datang ke kantor kami di Omaha, dan saya langsung tahu kita telah menemukan superstar," ujar Buffett.

Jain menerima gelar sarjana di bidang teknik di Indian Institute of Technology di Kharagpur pada 1972. Dia bekerja untuk international Business Machines Corp di Indoa antara 1973-1976, sebelum mendpatkan gelar bisnis di Universitas Harvard pada 1978.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement