Selasa 03 Mar 2015 06:43 WIB

Tingkatkan Standar Kehidupan Rakyat, Presiden Ini Diberi Hadiah

Rep: C07/ Red: Erik Purnama Putra
Presiden Namibia Hifikepunye Pohamba.
Foto: Lelamobile
Presiden Namibia Hifikepunye Pohamba.

REPUBLIKA.CO.ID, NAMIBIA -- Sebelum masa jabatannya berakhir pada akhir bulan ini, Presiden Namibia Hifikepunye Pohamba mendapat penghargaan Mo Ibrahim yang diperuntukkan bagi para pemimpin Afrika.

Dilansir dari BBC News, Presiden Namibia tersebut mendapatkan hadiah senilai 5 juta dolar AS alias Rp 64,9 miliar karena sudah menjadi pemimpin yang berhasil memerintah dengan baik serta meningkatkan standar kehidupan rakyat dan meninggalkan jabatan ketika masa jabatannya berakhir.

Atas jasa-jasanya itulah, saat ini Pohamba bisa menikmati masa pensiunnya dengan hadiah yang diberikan secara bertahap. Dalam 10 tahun pertama ia akan menerima 500 ribu dolar per tahun. Setelah 10 tahun pertama, ia akan menerima 200 ribu dolar per tahun.

Pohamba dipuji terutama karena komitmennya untuk menegakkan hukum dan memperjuangkan persamaan hak tanpa memandang jenis kelamin. Sebelumnya, Pohamba tercatat sebagai anggota pendiri kelompok pemberontak SWAPO yang memperjuangkan kemerdekaan bagi Nambia.

Perlu diketahui penghargaan Mo Ibrahim dibentuk oleh pengusaha Sudan, Mo Ibrahim, untuk mendorong pemimpin Afrika menyerahkan kekuasaan secara damai bila masa jabatannya sudah berakhir. Awalnya penghargaan dirancang untuk diberikan setiap tahun, tetapi karena kurang kandidat yang memenuhi syarat, penghargaan baru diberikan lagi tahun ini setelah tahun 2011.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement