Selasa 03 Mar 2015 09:30 WIB

Akui Berteman dengan Israel, Presiden Ceko Ingin Perangi Ikhwanul Muslimin

Rep: C05/ Red: Indah Wulandari
Presiden Republik Ceko Milos Zeman
Foto: telegraph
Presiden Republik Ceko Milos Zeman

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Presiden Republik Ceko Presiden Miloš Zeman memperingatkan tentang ancaman terorisme di seluruh dunia dan mendukung setiap langkah Israel untuk memeranginya.

Dia  menggambarkannya dengan keberadaan organisasi Ikhwanul Muslimin yang menciptakan hampir setiap kelompok teroris di seluruh dunia.

"Republik Ceko adalah teman terbaik Israel di seluruh Eropa," kata Zeman di depan forum Amerika-Israel Public Affairs Committee (AIPAC) 2015 dikutip dari breitbart.com, Selasa (3/3).

Pertemanan negaranya dengan Israel, ujarnya, diawali sejak tahun 1948. Sehingga ia yakin komunitas Yahudi juga solid dengan Ceko.

"Apa yang saya usulkan adalah pertarungan sistematis dan terkoordinasi terhadap basis terorisme. Saya diberitahu bahwa akar fundamentalisme Islam berasal dari  Ikhwanul Muslimin,“ serang Zeman.

Ia merunut pada latar belakang pemimpin Alkaidah serta pemimpin Taliban yang berasal dari akar Ikhwanul Muslimin. Zeman juga menuding Hamas, Hizbullah, Al Nusra, dan sebagainya terkait juga di dalamnya

"Jadi, apa yang saya usulkan adalah tindakan terkoordinasi masyarakat internasional jika mungkin di bawah payung PBB khususnya Dewan Keamanan. Negara adidaya memiliki banyak konflik, tapi satu musuh bersama, terorisme," pungkas Zeman.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement