Selasa 03 Mar 2015 13:42 WIB

Tiga Kota Termurah Dunia Ada di India

Rep: Zuli Istiqomah/ Red: Ilham
Taj Mahal, India
Foto: india.wikia.com
Taj Mahal, India

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Economist Intelligence Unit (EIU) talah mengumumkan hasil survey kota termurah di dunia. Kota Karachi, Pakistan berada di urutan pertama survey EIU. Disusul oleh Bangalore, Caracas, Mumbai, dan Chennai. Dari kelima kota termurah itu, tiga diantaranya merupakan kota yang berada di India yaitu, Bangalore, Mumbai, dan Chennai. 

EIU mengatakan, upah rendah dan subsidi harga pada beberapa bahan pokok telah memberikan kontribusi dalam survei. "Asia terus mengalami perlambatan ekonomi serta tekanan deflasi dalam beberapa tahun terakhir, " kata EIU seperti dilansir BBC, Selasa (3/3).

Penurunan harga minyak dunia beberapa waktu lalu mengakibatkan menurunnya tingkat deflasi di beberapa negara. Selain itu, mata uang asing juga ikut melemah sehingga berdampak pada murahnya biaya hidup sebagian kota.  Bulan lalu, bank sentral India mengatakan telah melihat penurunan tajam dari perkiraan dalam harga buah dan sayuran sejak September tahun lalu. Faktor ini sebagai salah satu alasan untuk memotong suku bunga pinjaman acuan pada awal tahun ini.

Pemerintah India, Perdana Menteri Narendra Modi telah meluncurkan anggaran ramah bisnis bertujuan untuk menarik investasi yang lebih besar bagi perekonomian. Perekonomian India direncanakan tumbuh pada tingkat lebih dari 8% selama 2015-2016.

Menteri Keuangan India, Arun Jaitley juga mengumumkan pemotongan pajak perusahaan bermanfaat besar bagi masyarakat miskin dan memperkenalkan skema jaminan sosial universal. Jaitley mengatakan, negara itu tumbuh pada tingkat yang kuat, inflasi turun dan cadangan devisa yang tinggi.

India merupakan salah satu negara berkembang kawasan Asia Selatan. Ekspor utama India diantaranya produk pertanian, tekstil, batu berharga dan perhiasan, jasa perangkat lunak dan teknologi, hasil teknik, kimia, dan hasil kulit. Sedangkan, komoditas impornya adalah minyak mentah, mesin, batu berharga, pupuk, kimia.

Dalam penelitiannya, EIU membandingkan biaya layanan dan produk di 133 kota di seluruh dunia. Selain kota termurah, EIU juga mensurvey lima kota termahal di seluruh dunia. Singapura berada di urutan pertama disusul Paris, Oslo, Zurich, dan Sydney. Negara kecil Singapura memiliki biaya 11 % lebih mahal untuk bahan makanan pokok.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement