Selasa 03 Mar 2015 18:27 WIB

Ukraina Ajukan Syarat Pemulihan Hubungan dengan Rusia

Pavlo Klimkin
Foto: toovia.com
Pavlo Klimkin

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO -- Ukraina mengajukan syarat kepada Rusia untuk memulohkan hubungan kedua negara. Menteri Luar Negeri Ukraina Pavlo Klimkin mengatakan tidak ada peluang pemulihan hubungan Ukraina dengan Rusia, kecuali wilayah Krimea dikembalikan ke kedaulatan Ukraina.

Klimkin, pada hari terakhir perjalanan dua harinya ke Jepang, juga mengatakan perbatasan Ukraina dengan Rusia perlu benar-benar tertutup untuk mencapai penyelesaian kemelut bersenjata Ukraina dengan oposisi di Ukraina timur. Dia menegaskan kembali sikap pemerintahnya yang meminta gencatan senjata dipatuhi secara luas.

"Tidak mungkin ada sedikitpun cara untuk normalisasi atau kembali pulihnya hubungan Ukraina dan Rusia tanpa kembali ke status quo dan membangun kedaulatan penuh atas kawasan Krimea Ukraina. Syarat utama untuk penyelesaian akhir adalah sepenuhnya menutup perbatasan Ukraina-Rusia," kata Klimkin kepada wartawan di Tokyo, Selasa (3/3).

Rusia menganeksasi Semenanjung Krimea di Laut Hitam dari Ukraina tahun lalu.

Ukraina dan pemerintah Barat telah menuduh Rusia mengirimkan pasukan dan senjata untuk mendukung separatis di Ukraina timur. Rusia telah membantah hal ini.

"Kami menekankan sejak awal kami telah berjuang untuk solusi damai. Tapi kami akan menggunakan segala cara untuk mempertahankan integritas teritorial dan kedaulatan Ukraina," kata Klimkin.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement