Rabu 04 Mar 2015 05:17 WIB

Kolombia Amankan Kapal Tiongkok Selundupkan Senjata Ilegal

Rep: c64/ Red: Hazliansyah
Senjata ilegal di Meksiko (ilustrasi)
Foto: hispanicallyspeakingnews.com
Senjata ilegal di Meksiko (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOTA -- Aparat keamanan Kolombia berhasil mengamankan kapal berbendera Tiongkok yang mencoba melakukan penyelundupan senjata ilegal ke Kuba. Senjata yang akan diselundupkan itu disebut termasuk 100 ton bahan peledak dan persenjataan lainnya.

Direktur Nasional di Kantor Penyelidik Kolombia, Luiz Gonzales mengatakan, selain 100 ton bahan peledak, ditemukan pula sekitar 2,6 juta detonator, 99 proyektil dan sekitar tiga ribu selongsong meriam.

Kapal itu berhasil dihentikan pada Sabtu pekan lalu di sebelah utara pelabuhan Cartagena, pantai Karibia. Penangkapan dilakukan setelah pihak keamanan menemukan lebih dulu bahan peledak saat penggeledahan.

"Dokumen yang dimiliki kapten tidak sesuai dengan apa yang telah kami temukan. Menurut catatan perjalanan, kapal itu tertulis membawa produk-produk gandum dan biji-bijian," tuturnya.

Gonzales menegaskan, kapten kapal tersebut akan segera diadili sementara awak lainnya didakwa atas pengiriman barang-barang militer ilegal. Tapi, ia tidak menyebutkan lebih rinci soal kapal juga awak.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement