Jumat 06 Mar 2015 15:29 WIB
Eksekusi Mati Gembong Narkoba

Abbott: Foto dengan Terpidana Mati tak Pantas

Perdana Menteri Australia Tony Abbott
Foto: AP
Perdana Menteri Australia Tony Abbott

REPUBLIKA.CO.ID, SYDNEY -- Perdana Menteri Australia Tony Abbott mengatakan telah mengajukan gugatan resmi kepada Indonesia terkait perlakuan terhadap duo Bali Nine.

Australia mengkhawatirkan tingkat keamanan yang digunakan untuk mengangkut mereka dari Bali ke Pulau Nusakambangan. Abbott marah terkait munculnya foto-foto dari dalam pesawat.

Satu gambar menunjukkan Kapolres Denpasar Komisaris Djoko Hari Utomo tampaknya berpose dengan tangannya di belakang kursi salah satu terpidana mati Andrew Chan. Foto lain menunjukkan Hari menempatkan tangannya di bahu Myuran Sukumaran yang memandang dirinya. Foto-foto tersebut diambil dalam pesawat saat keduanya dipindahkan ke Nusakambangan.

"Saya pikir mereka tak pantas dan menunjukkan kurangnya rasa hormat dan martabat. Kami telah memprotes duta besar Indonesia di sini di Canberra," kata Abbott kepada wartawan, dikutip dari Channel News Asia, Jumat (6/3).

Menteri Keuangan Joe Hockey menambahkan perlakuan terhadap dua gembong narkoba itu  sangat tidak sensitif. Dia juga menyebut perlakuan pemerintah Indonesia terhadap keduanya mengerikan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement