Sabtu 21 Mar 2015 18:40 WIB

Kota-Kota Tanpa Manusia (2-habis)

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Indah Wulandari
Kota Gary, Indiana, AS
Foto: BBC
Kota Gary, Indiana, AS

REPUBLIKA.CO.ID,Ada beberapa kota di belahan bumi ini dipenuhi gedung-gedung tinggi, museum dan jalanan panjang, namun ternyata tidak berpenghuni. Seperti tempat-tempat berikut ini:

-Ordos, Mongolia

Ordos di Mongolia dipenuhi oleh jalanan yang kosong. Kota ini memiliki plaza utama dengan panjang 2,5 km padahal populasi kota hanya 140 ribu orang. Jalanan yang terlalu lebar membuat saat jam padat pun kota akan terlihat kosong.

-Kangbashi, Mongolia

Kota ini terletak di pinggiran Ordos. Tempat ini juga salah satu tempat raksasa yang terlihat kosong. Awalnya kota dibangun untuk mengakomodasi satu juga orang.

Properti di dalamnya telah habis terjual, tapi tidak ditinggali. Orang-orang membelinya hanya untuk investasi.

-Gary, Indiana

Kota ini terkenal sebagai kota besi pada 1906. Namun ketika industri besi mulai surut pada 1960an, banyak penduduk mulai meninggalkannya. Mereka mencari tempat baru. Sementara ratusan rumah dan gedung-gedung di sana kosong.

NBC melaporkan sekitar 6.500-7.000 rumah ditelantarkan. Tingginya tingkat kejahatan juga jadi alasan banyak orang pergi.

-Hasima Island, Jepang

Hasima berlokasi di pantai Nagasaki, pulau yang menjadi pusat pertambangan dan pada masanya sangat padat. Pulau ini dibeli Mitsubishi pada 1890 dan dikembangkan jadi pulau tambang batu bara.

Pulau dengan nama kecil Gunkanjima ini sekarang ditinggalkan. Sejak batu bara diganti dengan petroleum pada 1960an, Mitsubishi menutup penambangan pada 1974. Banyak penduduk mulai pindah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement