Jumat 27 Mar 2015 03:25 WIB

Jerman: Kopilot Germanwings tak Terkait Teroris

Rep: Sonia Fitri/ Red: Ilham
Salah satu pesawat Germanwings saat berada di bandara Berlin Tegel, Jerman
Foto: antara
Salah satu pesawat Germanwings saat berada di bandara Berlin Tegel, Jerman

REPUBLIKA.CO.ID, BERLIN -- Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Jerman Thomas de Maiziere menegaskan, Kopilot Germanwings bernama Andreas Lubitz (28 tahun) sama sekali tak terkait dengan jaringan teroris. Hal tersebut ditegaskan dengan data yang dimiliki oleh pemerintah Jerman.

"Berdasarkan data terkini dari pemerintah dan setelah membandingkan informasi yang kami miliki, dia sama sekali tidak ada latar belakang kegiatan yang berkaitan dengan terorisme," ungkap Maiziere sebagaimana dikutip dari Reuters pada Kamis (26/3).

Sebelumnya, seorang Jaksa asal Marseille Brice Robin Kopilot Germanwings menyebut jatuhnya pesawat di pegunungan Alpen Perancis dilakukan secara sengaja. Robin bahkan menyebut kopilot membiarkan pilot terkunci di luar kokpit ketika dirinya menukikkan pesawat.

Menanggapi pernyataan Mendagri, Brice Robin tetap mempertahankan dugaannya. Dari rekaman kotak hitam yang peroleh, dia mengaku mendengar pilot menyerahkan kemudi kepada kopilot. "Terdengar suara kursi dimundurkan, kemudian suara pintu ditutup. Pilot mungkin pergi ke toilet," kata Robins.

Ketika itulah, tiba-tiba pesawat menukik drastis setelah si kopilot menekan tombol monitor penerbangan. Maka, ia sangat yakin tindakan tersebut dilakukan dengan sengaja. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement