Sabtu 28 Mar 2015 11:53 WIB
muslim kanada

Duh, Citra Islam Terus Memburuk di Kanada

Rep: c13/ Red: Damanhuri Zuhri
Muslim Kanada
Muslim Kanada

REPUBLIKA.CO.ID, TORONTO -– Citra buruk dan negatif Islam terus berkembang di negara-negara barat terutama Kanada. Penilaian ini berdasarkan jajak pendapat yang dilakukan Angus Reid Institute yang telah dirilis beberapa hari lalu.

“Jajak pendapat ini memotret orientasi keseluruhan terhadap berbagai bentuk agama di Kanada," kata Angus Reid Institute.

Menurut Institute, jajak pendapat ini menggunakan sejumlah pertanyaan mengenai pandangan mereka terhadap agama-agama yang ada di Kanada.

Warga Kanada diminta pandangan mereka antara positif, netral atau negatif terhadap 10 kelompok agama yang berbeda. Dari jajak tersebut, umat Islam memiliki nilai citra yang terendah.

Berdasarkan jajak pendapat, 44 persen warga Kanada memiliki pandangan negatif terhadap Muslim. Sekitar 40 persen memandang netral dan 15 persen memberi respon positif.

Tiga kelompok agama muncul dengan penilaian yang cukup positif dari masyarakat Kanada. Ketiga agama itu, yakni Katolik Roma, Protestan dan Budha.

Yahudi dan Hindu mendapat penilaian positif secara keseluruhan. Sedangkan, tiga kelompok agama lain yang memiliki citra negatif, seperti Sikh, Mormon dan Muslim.

The Angus Reid Institute merupakan organisasi riset opini publik nasional. Organisasi ini didirikan untuk meningkatkan dan mendorong pemahaman yang lebih baik tentang isu-isu dan tren yang ada di masyarakat.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement