Ahad 29 Mar 2015 04:16 WIB

Earth Hour, Dunia Memadamkan Lampu

Suasana pemadaman listrik selama satu jam pada kampanye Earth Hour di Kawasan Bundaran H I, Jakarta Pusat, Sabtu 31/3) malam. (Republika/Agung Supriyanto)
Suasana pemadaman listrik selama satu jam pada kampanye Earth Hour di Kawasan Bundaran H I, Jakarta Pusat, Sabtu 31/3) malam. (Republika/Agung Supriyanto)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- World Wide Fund for Nature (WWF) mempublikasikan kampanye Earth Hour berupa aktivitas pemadaman lampu di sejumlah kota dunia pada Sabtu (28/3).

"Inilah sepenggal video dari #EarthHour 2015! Lihatlah pemadaman lampu di Indonesia, Jepang, dan Filipina," demikian ditulis akun Twitter resmi 'Earth Hour' yang dipantau di Jakarta, Sabtu.
 
Dalam video tersebut nampak kegiatan pemadaman lampu di Kota Balikpapan. Tampak pula sejumlah gedung di area sekitar Jakarta Pusat yaitu Bundaran HI dan gedung di kawasan MH Thamrin mengalami pemadaman selama satu jam pada pukul 20.30 hingga 21.30 WIB.
 
Lewat akun Twitter-nya, Earth Hour terus berupaya mempromosikan kepada masyarakat global agar terus terlibat dalam penyelamatan lingkungan atau bukan hanya saat pemadaman lampu saja. Organisasi yang peduli terhadap isu perubahan iklim itu juga mempublikasikan video pemadaman lampu di Nepal, Taiwan, dan Hong Kong.
 
Kegiatan global itu sendiri secara umum berupa pemadaman lampu yang tidak diperlukan di rumah dan perkantoran selama satu jam untuk meningkatkan kesadaran akan perlunya tindakan serius menghadapi perubahan iklim. Earth Hour 2015 tahun ini dilaksanakan di sejumlah negara pada 28 Maret 2015 pukul 20.30 sampai 21.30 waktu setempat.
 
Kegiatan yang dicetuskan Leo Burnett dan WWF ini pertama kali diselenggarakan pada 2007. Saat itu, 2,2 juta penduduk Sydney, Australia berpartisipasi dengan memadamkan semua lampu yang tidak diperlukan. Setelah Sydney, beberapa kota di seluruh dunia ikut berpartisipasi pada Earth Hour 2008.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement