Senin 30 Mar 2015 09:22 WIB

Gempa 7,7 SR Berpotensi Tsunami Goncang Papua Nugini

Rep: Gita Amanda/ Red: Indah Wulandari
Papua Nugini
Foto: touristmaker.com
Papua Nugini

REPUBLIKA.CO.ID,KOKOPO -- Pusat Peringatan Tsunami mengeluarkan peringatan gelombang tsunami di sepanjang garis pantai di Pasifik, setelah gempa kuat melanda selatan Papua Nugini. Gelombang tsunami diperkirakan bisa mencapai tiga sampai 10 kaki.

The Associated Press melaporkan, Pusat Peringatan Tsunami Pasifik mengatakan gelombang berbahaya kemungkinan bisa mencapai bagian pantai yang berada sekitar 620 mil dari Kokopo. Tsunami diperkirakan dapat menyapu wilayah Papua Nugini dan Kepulauan Solomon didekatnya.

Sebelumnya diberitakan gempa dengan kekuatan 7,7 Skala Richter melanda Papua Nugini, pada Senin (30/3). Gempa dengan kedalaman 40 mil menyapu sekitar 30 kilometer sebelah tenggara Kokopo di timur laut Papua Nugini.

Pusat peringatan tsunami mengatakan gelombang tsunami yang mencapai tiga sampai 10 kaki itu bisa mencapai garis pantai Papua Nugini. Gelombang tsunami kurang dari satu meter juga bisa menghantam negara-negara Kepulauan Pasifik lain, Jepang, Australi, Filipina, Indonesia, dan Hawaii.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement