Selasa 31 Mar 2015 10:05 WIB

Nepal Diteror Badak, Seorang Nenek Tewas

Rep: C09/ Red: Ilham
Badak Bercula Satu
Foto: thehelper.net
Badak Bercula Satu

REPUBLIKA.CO.ID, KATHMANDU -- Seekor badak terlepas dari tempat penangkarannya di suaka margasatwa Parsa Wildlife Reserve, Nepal. Badak tersebut berkeliaran dan mengamuk di Kota Makwanpur hingga menewaskan satu orang wanita berusia 61 tahun.

"Seorang nenek tewas dan enam orang terluka," ujar petugas kepolisian setempat, seperti dilansir Dailymail, Senin (30/3).

Saksi mata mengatakan, Badak itu menyusuri jalan-jalan perumahan sempit. Upaya memaksa badak keluar dari jalan tersebut dengan membunyikan klakson mobil dan memukul drum tidak berhasil.

Seorang pelatih gajah telah dikerahkan untuk membantu menggiring badak ke sebuah mobil pengangkut. Tim dengan senjata pembius juga telah dipanggil untuk menenangkan hewan tersebut. 

Administrator pemerintahan Kota Makwanpur, Ram Prasad Thapaliya, mengatakan, daerahnya telah diteror oleh hewan itu. Badak merupakan hewan besar dengan berat sampai 1400 kilogram dan berjalan pada kecepatan 34 mph, sehingga kehadirannya menjadi ancaman bagi warga kota.

"Badak itu bahkan meneror rumah sakit setempat, memaksa orang di dalamnya untuk melompati pagar," ujar Thapaliya. 

Diperkirakan badak telah melakukan perjalanan sejauh 12 mil (20 km) dari tempat asalnya, suaka margasatwa Parsa Wildlife Reserve.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement