Selasa 31 Mar 2015 15:44 WIB

Pengumuman Pemilu Nigeria Ditunda

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Ani Nursalikah
Pemilu Nigeria (ilustrasi)
Foto: BBC
Pemilu Nigeria (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, ABUJA -- Pengumuman hasil pemilu Nigeria ditunda pada Selasa (31/3) karena beberapa wilayah  belum menyampaikan laporannya pada Komisi Pemilihan Nasional. Dua wilayah yang belum melaporkan hasilnya adalah Lagos dan Rivers.

Dilansir dari AFP hasil sementara terlihat pemimpin oposisi Muhammadu Buhari unggul dibandingkan lawannya Presiden Goodluck Jonathan. Buhari dari Partai APC telah memenangkan suara di 10 negara bagian.

Sedangkan Jonathan hanya mendapat suara di delapan negara ditambah wilayah federal ibu kota Abuja. Wilayah yang terkena dampak paling parah oleh Boko Haram, Kano, memilih Buhari dibandingkan Jonathan.

Buhari juga mendapatkan suara di Katsina dan Kaduna. Jonathan (57 tahun) hanya mampu mendapatkan suara di negara bagian tenggara serta Plateau.

Sejauh ini Buhari mendapatkan 8,5 juta suara. Dia unggul dua juta suara dibandingkan lawannya yang telah berkuasa 72 tahun. Buhari harus memenangkan 50 persen dari total suara jika ingin kemenangannya menjadi nyata. Dia juga harus menang minimal 25 persen di dua pertiga negara.

sumber : reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement