Kamis 02 Apr 2015 05:46 WIB

Muslim Rusia Tetapkan Fatwa untuk ISIS

Rep: C83/ Red: Winda Destiana Putri
Muslim Rusia (ilustrasi)
Foto: AP/Mikhail Metzel
Muslim Rusia (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW -- Sebuah kelompok Muslim Rusia terkemuka telah mengeluarkan fatwa terhadap ISIS. Mereka menyebut ISIL merupakan musuh Islam.

"Para pengikut ISIS yang keliru menafsirkan Islam sebagai agama kebrutalan dan kekejaman, kekerasan, penyiksaan dan pembunuhan semua ketidakpuasan," ujar Direktorat Spiritual Muslim Rusia seperti dilansir Onislam Kamis (2/4).

Fatwa ini ditetapkan untuk menanggapi tingginya sentimen anti-Muslim di seluruh dunia karena kekejaman dan serangan teror yang dilakukan oleh ekstremis ISIS atas nama Islam.

Salah satu isi fatwa menyebutkan semua tindakan organisasi ISIS atau ISIL bertentangan dengan Islam. Mulai dari penciptaan kelompok dan panggilan untuk pemukiman serta kekejaman dan eksekusi publik.

Anggota organisasi Islam radikal tersebut juga layak diberi hukuman mati atau seumur hidup serta isolasi penuh dari masyarakat.

Kelompok Muslim Rusia juga mengecam pembentukan sebuah "khilafah" oleh ISIS Juni lalu. Pembentukan khilafah tersebut bertujuan untuk menipu kaum muda Muslim.

Militan ISIS telah banyak dikecam oleh Muslim di seluruh dunia yang dipentaskan beberapa protes untuk mengekspresikan kemarahan terhadap kelompok teroris.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement